Selasa, 06 November 2012

Pengertian Human Capital




       Pada kuliah kemarin saya mendapatkan sebuah pelajaran tentang Human Capital dari pelajaran Psikologi Industri. Ada beberapa hal yang menurut saya penting tentang Human Capital yang harus diketahui oleh para pekerja dan perusahaan.Karena kebetulan saya telah bekerja jadi saya akan menjelaskan sebagian kecil dari human capital.

"knowladge economy"

Faktor kunci dalam produksi adalah manusia, dan manusia adalah satau - satunya faktor kesuksesan organisasi yang tidak diperdagangkan sebagai komoditas dagang organisasi (Holbeche, 2005).


http://human-capital-international.net/wp-content/uploads/2012/10/hr_division-300x225.gif

Human capital adalah sebagai salah satu komponen utama dari intellectual capital (intangible asset) yang dimiliki oleh perusahaan. 
Human Capital Management (HCM) menurut Chatzkel adalah merupakan upaya untuk mengelola dan mengembangkan kemampuan manusia untuk mencapai tingkat signifikan yang lebih tinggi secara kinerjanya. Sedangkan menurut Kearns bahwa Human Capital Management adalah menciptakan nilai melalui orang dan merupakan filosofi pembangunan manusia.










Human capital, bukanlah  memposisikan manusia sebagai modal layaknya mesin, sehingga seolah-olah manusia sama dengan mesin, sebagaimana teori human capital terdahulu. Namun setelah teori ini semakin meluas, maka human capital justru bisa membantu pengambil keputusan untuk memfokuskan pembangunan manusia dengan menitikberatkan pada investasi pendidikan (termasuk pelatihan) dalam rangka peningkatan mutu organisasi sebagi bagian pembangunan bangsa. Penanganan SDM sebagai human capital menunjukkan bahwa hasil dari investasi non fisik jauh lebih tinggi dibandingkan investasi berupa pembangunan fisik.

Human capital penting karena merupakan sumber inovasi dan pembaharuan strategi yang dapat diperoleh dari brainstorming melalui riset laboratorium, impian manajemen, process reengineering, dan perbaikan atau pengembangan ketrampilan pekerja. Selain itu, human capital memberikan nilai tambah dalam perusahaan setiap hari, melalui motivasi, komitmen, kompetensi serta efektivitas kerja tim. Nilai tambah yang dapat dikontribusikan oleh pekerja berupa: pengembangan kompetensi yang dimiliki oleh perusahaan, pemindahan pengetahuan dari pekerja ke perusahaan serta perubahan budaya manajemen (Mayo 2000 dalam Rachmawati et al. 2004).





Sumber :
Chatzkel JL, Human Capital: The rules of engagement are changing, Lifelong Learning in Europe, 2004, p.139.

Kearns, P,  Human Capital Management, Reed Business Information, Sutton, Surrey, 2005.

Mayo, A., 2000. “The Role of Employee Development in The Growth of Intellectual Capital, Personal Review, Vol. 29, No. 4. http://www. emerald-library.com

Rachmawati, D., dan F. Wulani. 2004. ”Human Capital dan Kinerja Dareah: Studi Kasus di Jawa Timur”, Penelitian APTIK, April: 1-73.


2 komentar:

  1. Terimakasih. Artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Apa perbedaan Human Capital dengan pengertian Manusia sebagai aset? apakah hal ini yang dinamakan kapitalis? kemudian dimanakah letak derajat
    tinggi manusia?

    BalasHapus